Prewedding

Wedding Preparation H-3 Bulan Bagian 1

13:10:00


Hi~
Ga terasa the D-Day is about to come.. Rasanya masih beberapa minggu lalu gw menceritakan keribetan kota mencari tempat menikah dan sekarang sudah H-3 bulan. The last time I wrote in this blog was 4 months ago, right after I finished taking the pre-wedding photos. At that time We feel it is too soon to take a picture but turns out it wasn't too early. Tapi kita masih punya rencana untuk foto indoor di bulan Juli nanti, why July? karena kita kehabisan waktu, yep kehabisan waktu. Jadi pelajaran untuk kalian agar menjadwalkan tanggal pemotretan kalian dari jauuuh hari.

Oh iya dalam beberapa bulan terakhir ada yang tanya langsung ke gw mengenai hal2 yang gw sudah pernah share di blog, tentu saja gw merasa senang karena wow hello, someone actually reads what I share in this blog. Dan yang membuat gw senang adalah hal2 ysng gw share membantu capeng2 lainnya yang baru saja mau merencanakan pernikahan mereka. Pretty happy bout that. :)

So what happens in the last 4 months
  1. Pesan Cincin Pernikahan
    Kita buat cincin sudah dari bulan April lalu. Tapi mulai cari2nya sejak Maret. Kita pernah melihat2 di toko emas di blok M yang terkenal banget itu. Memang sih pas datang toko itu dipenuhi oleh pasangan2 yang akan married. dan memang 1 tokonya itu hanya menjual cincin nikah (at least from what I see). Toko ini adalah Toko Mas Kaliem, tidak asing bukan. Lokasi mereka ada di Lantai dasar, Blok M Square. Pada saat kesana tujuan kami masih lihat2 untuk menentukan budget. Awal budget kami adalah 6 juta untuk sepasang cincin nikah. Namun setelah lihat2 dan pilih2, pada saat kita tanya harga untuk pilihan gw.... harga 1 cincin yang wg pilih adalah 6 juta sekian.. WHAAATTT that is our budget for a pair not a ring... But keep calm, ga mungkin dong ya gw memberikan muka kaget hehe... Sepulangnya dari Kaliem kami menaikan sedikit budget cincin kami, apalagi mendengan teman dari calon gw ini membeli cincin kawin mereka seharga 11 juta. Jadi kita seperti "Oh our budget pretty low, let's raise a little bit".

    Lalu pada bulan April akhirnya kami mendatangi toko emas Anugrah di ITC BSD. Toko mas ini ramai akan pengunjung dan kabarnya calon gw ini beli cincin propose gw ditoko yang sama. Jadi sudah terbukti murah dan kualitasnya. hihi... Short story kita berhasil menemukan cincin nikah kami yang dibawah budget 10 juta kami. Cincin tersebut sudah dilengkapi oleh berlian di kedua cincinnya. Lebih banyak di cincin gw sih dibanding calon gw hihihi dasar perempuan, sukanya lihat yang penuh dengan sparkle... Oh iya toko mas Anugrah ini menjual emas dengan batu standart dan juga emas dengan diamond. Jadi mereka punya 2 toko bersebelahan, 1 toko untuk jual emas non berlian (super ramai hingga mau pilih aja susaaah) dan 1 toko untuk emas berlian (yang ini sedikit lengang).
    Our wedding rings
    Kita akhirnya memilih cincin yang sudah ada di toko saja. Toko anugrah ini dalam segi pilihan kebih sedikit dari toko mas Kaliem. Mereka hanya stock beberapa saja untuk cincin nikahnya. Mereka menawarkan untuk buat saja namun ada beberapa hal yang gw khawatirkan mengenai pesan model cincin dengan desain sendiri. Pertama karena ini hasil desain kita maka tukang akan yang membuatkannya dalam artian tidak ada cetakan, sedangkan apabila kita ambil yag sudah ada maka cincin tsb adalah hasil dari pabrik. Yang mana lebih halus desainnya daripada kalau kita request dengan desain sendiri. Kedua adalah ongkos buatnya tentu lebih apabila kita request dengan desain sendiri. :)
  2. Deal untuk kartu undangan
    Kita deal undangan di pameran Jakarta wedding festival. Pada saat itu kita sudah memiliki tujuan untuk mencari undangan, kue dan souvenir. Kali ini Jakarta Mega Wedding Festival terasa begitu sepi, entah karena kali ini diadakan 4 hari dan kami datang pada hari ke-3 atau memang musimnya saja sudah lewat. Pada pameran kali ini kami hanya berhasil beberapa vendor kartu undangan. Dari yang cukup mahal hingga yang murah. Kebanyakan melebihi budget @10,000 kami dikarenakan jumlah pesanan kami yang dibawah dari minimum pemesanan (300 pcs). Di pameran ini kami berhasil deal dengan Tohocards. Gw ya yakin apakah kalian sering dengar Tohocards atau tidak, tapi personally gw merasa tidak asing dengan nama mereka. Tampaknya gw beberapa kali menerima undangan hasil buatan Tohocards.

    Toho cards adalah vendor yang termurah yang kami dapat temukan di pameran. Kami deal dengan harga @11.000 + 500k untuk menambah 1 warna (jadi undangan kami memakai 2 warna). Ditambah lagi diskon 10% karena deal di pameran. Sedikit melawati our budget but well yeah, we choose the one we like right? :P

    Beberapa minggu kemudian kita datang ke lokasi Tohonya sendiri di Jembatan Lima untuk mendiskusikan keinginan desain undangan kami. Sebetulnya kita bisa bicarakan itu melewati email tapi gw sendiri merasa lebih sreg kalau untuk pertama kali menjelaskan in person dan untuk koreksi2nya bisa melalui email. Sesampainya disana model yang kami suka berubah sehingga kami memilih untuk menggunakan isi undangan full color dan sampul 2 color. Alhasil kami perlu menambah 375k. Jadi seperti ini:
    - undangan + sampul 2 warna = 175k
    - undangan full color + sampul 2 color = 500k
    - undangan + sampul full color = 1 Juta
    Contoh 2 warna
    Contoh 1 Warna
    Contoh Full Colour
    Contoh Full Colour
  3. Deal untuk souvenir
    Setelah kami memperhitungkan biaya photobooth sekitar 3-3,5 juta untuk 3 jam unlimited + 1 juta untuk dekor, kami memutuskan untuk mencari souvenir yang apabila kami hitung @10.000 x 250 undangan = 2.5 juta. Lebih murah jatuhnya. Kalau undangan kalian banyak, memakai paket photobooth sangat menguntungkan. Namun apabila undangan kamu sedikit maka menurut kami go with souvenirs.

    Jujur saja pada saat pemilhan souvenir kita dibingungkan dengan souvenir apakah yang kami ingin berikan, calon gw sangat tidak mau apabila souvenir kita adalah gelas, katanya "Pasaran banget. gelas lagi gelas lagi" LOL  Tapi somehow memang murah gelas sih ya hehe.. Who has thoughts like us?

    Untuk souvenir kita pakai Fine Souvenir. Awalnya ada teman dari calon gw yang menyarankan untuk memakai jasa Fine Souvenir karena QA mereka sangat bangus. Dan teman dekat gw juga sempat menyarankan Fine Souvenir ini dengan alasan yang sama QA mereka bagus dan harganya pun bersaing. Sebelum deal dengan mereka gw personally iseng2 tanya beberapa toko souvenir yang bisa ditanya melalui WA seperti BieBieGift. Ternyata harga Finesouvenir cenderung lebih murah sedikit. Pada sabtunya kita langsung datangi ke showroom Fine Souvenir yang terletak di Kelapa Gading (Super Jauuuh walaupun gw sudah terbiasa karna sering ke rumah sakit gading pluit yang disebelahnya ini). Showroom mereka terletak di lantai 3. Tertata dengan rapi da semuanya lucu2. Jangan takut untuk mendatangi showroom mereka karena showroom mereka selalu ada pendatangnya alias kalian tidak aka datang sendirian dan krik krik krik..

    Budget kami yang @10.000 harus dilanggar kembali karena kami berhasil deal dengan harga @11.900 karena desain packaging. I know people said design for invitation and souvenirs cannot be expensive cause people won't care.. But I cannot, I care design too much.
    Not our final souvenir but the design we are looking for
  4. Deal untuk kue pengantin
    Kemarin di Pameran kita sempat tanya2 dan lihat model kue pengantin. Setelah tanya ke 2 vendor kue Barley & 1 lagi lupa namanya. Bahwa standart kue yang cukup tinggi adalah 5 susun. Jadilah kita lihat2 harga untuk kue 5 susun. Karena kita sudah ada potogan untuk kue dari Eva Bun sebesar 1,5 juta maka kami cari kue dengan harga 1,5-2 Juta. Namun susah ternyata, karena semua kue yang di tampilkan rata-rata 2,5 juta keatas. Alhasil kami pulang tanpa deal kue.

    Dengan pemikiran kita harus pesan kue ASAP maka pada sabttu setelah mendatangi Toho cards, kami mampir ke Eva Bun untuk memilihkue. Surprisingly harga untuk 5 tiers masih ada yang in range lebih banyak daripada pameran. Kami sampai konfirmasi ulang dengan Mba Icha apakah harga yang tertera berlaku untuk Hari H kami. Hasilnya kita memilih kue 5 tiers dari Pelangi, tidak asing lagi bukan dengan namanya? Sepertinya untuk pernihakan dengan budget yang mirip2 dengan kami kebanyakan memakai Pelangi. Jujur saja tidak tahu kenapa Pelangi ini sering sekali dipilih oleh pengantin2 lainnya, namun alasan kami adalah rekomendasi dari mba Icha untuk kue adalah Pelangi. Kami percaya saja dengan rekomendasi dari Mba Icha. Katanya kue dari Pelangi lebih besar dibandingkan dengan Barley, karena kami mencari yang mana yang tinggi hehehe... Oh iya kita nambah 500k untuk ini... Dan tentunya request warna agar tidak biru seperti contoh :)
    Credit to Pelangi 
Karena postnya terlalu panjang, gw bagi 2 post ya :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Numpang promo ya kak..
    Hi brides to be, lagi cari gedung nikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena sekarang udh full carpet & lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel. Jangan khawatir, pilihan vendornya ada banyak banget dan bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yaitu CASHBACK dan HONEYMOON PACKAGE! Untuk informasi lengkapnya, hubungin aja Tresna (+6281312214233), FREE KONSULTASI!!

    ReplyDelete
  2. Hi brides to be, lagi cari gedung utk acara pernikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena lokasinya strategis dan sekarang udh full carpet + lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel. Jangan khawatir, pilihan vendornya ada banyak dan bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yang bisa kamu dapetin! Yuk jangan sampai ketinggalan. Untuk informasi lengkapnya, bisa kontak WA ke 081220738073 (AYU) FREE CONSULT!!

    ReplyDelete